By: akbar 23-11-2022

PEMERINTAH KABUPATEN AGAM TUKAR PIKIRAN PENYUSUNAN LKPD 2022 DI KOTA BEKASI

KOTA BEKASI - Rabu, 23 November 2022
Pemerintah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat mengunjungi Pemerintah Kota Bekasi dalam rangka kunjungan kerja terkait penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022, di Press room humas, Rabu (23/11). 

Pemimpin rombongan sekaligus Asisten Administrasi Umum Pemkab. Agam, Andrinaldi menjelaskan pada sambutannya maksud dan tujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan daerah. 

" Kedatangan kami ingin mengetahui bagaimana dengan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang ada di Kota Bekasi seperti diketahui kendala disetiap opd cukup banyak dan membuat penyusunan laporan tidak tepat waktu " 

Bergantian memberikan sambutan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bekasi, Sudarsono, didampingi jajarannya,  perwakilan Bappelitbangda dan Inspektorat. 

Sudarsono menjelaskan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dilakukan melalui instruksi Wali Kota dan juga diperlukan komitmen penuh dari Aparatur.

Pemerintah Kota Bekasi menggunakan Instruksi Wali Kota Bekasi Nomor : 900/260/BPKAD.AKUNTANSI tentang tata cara penyusunan Laporan keuangan Pemerintah Kota Bekasi tahun Anggaran 2022 tertanggal 17 Maret 2022.

 " Berkaitan dengan tujuan, Pemerintah Kota Bekasi memiliki target untuk menyelesaikan laporan paling lambat 25 Januari 2023, dan merupakan tanggung jawab dari seluruh stake holder yang ada "

Sudarsono pun berharap dengan adanya studi banding ini menjadi acuan dalam meningkatkan penyusunan LKPD dan meraih opini WTP. 
 
Pada acara yang sama, Kabid Akuntansi BPKAD, Hesti Widiastuti menjelaskan bahwa untuk percepatan penyusunan LKPD,  Kota Bekasi menggunakan aplikasi simda serta beberapa aplikasi yang dibangun sendiri yang terintegrasi, kemudian menyusun LKPD setiap triwulan. Penyusunan LKPD merupakan kerja tim dari seluruh penyusunan laporan keuangan SKPD dan BPKAD sehingga diperlukan komitmen pimpinan beserta jajarannya untuk percepatan penyusunan.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, foto bersama, dan tukar menukar cinderamata antara Pemerintah Kabupaten Agam dan Pemerintah Kota Bekasi. 

(Dro)